mobile setting

Sepertiga Malam



Sepertiga Malam
Oleh: Ustad Tajudim , S.Ag


Waktu itu bagaikan pedang, waktu ini sangat berarti untuk muslim. seseorang muslim wajib tau tentang dini malam dan juga spertiga malam yang diartikan ini.

Kepada yang giat tahajud ataupun sholat qiyamul lail, lazimnya sholat jam berapa? pahalanya sama gak sih kalo sholat di waktu itu? ataupun jangan - jangan kamu salah dalam memastikan waktu sholat! waduh, udah ngantuk - ngantuk dan juga berupaya buat lebih dekat sama Alloh tetapi nyatanya salah waktu sholatnya. waktu shubuh malah di pake tahajud.

nah, biar kalian tidak salah dalam memastikan waktu sholat qiyamul lail coba cek dahulu sebagian hadits di dasar ini.

hadits yang diriwayatkan oleh bukhari dan juga muslim kalau ”pada masing - masing sepertiga malam terakhir Alloh turun kelangit dunia kemudian dia berfirman: “barang siapa yang menyeru - ku, hendak saya biarkan seruannya. Barang siapa yang memohon kepada - ku, saya biarkan permintaanya. dan juga barang siapa memohon ampunan kepada - Ku, saya ampuni ia. ”.

“setiap malam Alloh turun ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam yang terakhir. dia juga mengatakan, “adakah hamba - ku yang memohon sampai - sampai tentu saya bagikan apa yang dia memohon? terdapatkah hambaku - yang berdoa sampai tentu saya kabulkan doanya? terdapatkah hamba - ku yang ber - istighfar sampai - sampai saya ampuni dosanya?. ”
hadits, riwayat angkatan laut (AL) bukhari no 1145 dan juga muslim no 758. muslimah - shalat - tahajud - _13

Hadits aisyah radhiyallahu’anha, dia mengatakan,

مِنْ كُلِّ اللَّيْلِ أَوْتَرَ رَسُول اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ أَوَّلِ اللَّيْلِ وَأَوْسَطِهِ وَآخِرِهِ وَانْتَهَى وِتْرُهُ إلَى السَّحَرِ

“setiap malam rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam melaksanakan sholat witir, baik di dini malam, pertengahannya, ataupun di kesimpulannya. dan juga berakhir waktu witir dia hingga waktu sahur. ” [hr. al - bukhari dan juga muslim]

Dalam ke 3 hadits di atas disebutkan kalau waktu sholat tahajud dan juga berdoa dan meminta ampunan allah kala sepertiga malam, baik di dini malam, tengah malam, ataupun akhir malam. tetapi yang lebih afdhol kala di sepertiga malam terakhir (akhir malam). tetapi, jam berapa ya tepatnya akhir malam setimpal dengan hadits diatas. ataukah sama dengan jam yang lazimnya kita pakai.

Sebagian ulama merumuskan waktu dini malam, tengah malam dan juga sepertiga malam mampu didefinisikan dengan waktu :

1. dini malam/sepertiga malam kesatu: dekat jam 20. 00 - 23. 00

2. tengah malam/sepertiga malam kedua: jam 23. 00 - 01. 30

3. akhir malam/sepertiga malam yg terakhir: jam 01. 30 - menjelang subuh.


Berlanggan Tulisan Via Email:

0 Response to "Sepertiga Malam"